7 Tips Aman Sebelum Berbelanja Online

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan ke saya, khususnya teman-sahabat yang skeptis berbelanja online. Berdasarkan pengalaman saya yang hampir 80% berbelanja secara online untuk kebutuhan pakaian, gadget, dan keperluan lainnya yang terkadang susah untuk dicari di kota saya.

Tidak dipungkiri memang ada begitu banyak perkara penipuan online, seiring dengan begitu menjamurnya toko online dari mulai berjualan barang murah hingga yang berharga mahal seperti tambahan. Tapi tidak semua toko online berbuat penipuan, banyak yang kredibel dan terpercaya. Ada beberapa tips untuk melihat apakah toko online itu dapat diandalkan atau tidak, mari simak kriteria berikut:

1. Domain toko online harus .LTD seperti .com .net, co.id atau .id
Apa itu domain LTD? Kenapa domain toko harus .LTD? LTD atau Limited Domain yakni ekstensi domain terbatas yang berbayar. Ini memberikan keseriusan dari pemilik toko online alasannya adalah domain .LTD ialah berbayar minimal per tahun. Biasanya penipu tidak akan buang-buang modal untuk membeli domain.

2. Cek Halaman Kontak
Kalau mau belanja di toko online, pasti setiap toko online memberikan nomor telpone atau pin atau email, biar mampu dihubungi. Pilihan pertama jikalau mau berbelanja nomor telpon toko online akan lebih aman jika terdapat nomor telpon dari telkom, bukan hanya nomor seluler. Karena nomor telpon telkom tidak mampu mobile, sehingga terdapat alamat yang jelas.

3. Periksa Nomor Rekening Transfer
Nomor rekening atas nama perusahaan akan lebih kredibel dan terpercaya. Saya sendiri tidak ragu-ragu untuk melaksanakan transfer jikalau rekening toko online atas nama perusahaan. Karena penipu tidak akan memiliki alamat yang jelas apalagi memiliki legalitas perjuangan. Mendaftarkan nama perusahaan sangat banyak syaratnya, salah satunya adalah survey lokasi. Data-data yang dibutuhkan harus lengkap.

4. Baca Review Pelanggan dan Googling dulu
Jangan langsung percaya jika membaca review dari toko online itu. Cari rujukan dari luar, contohnya dengan mengetikkan kata kunci “Keluhan Toko A” atau “Toko A Penipu” di Google, cari dan bila menemukan pengalaman buruk orang lain berbelanja di toko tersebut, hindari belanja di toko online itu.

5. Intai dan telusuri Akun Sosmed si Toko
Akun sosial media yang aktif sangat berguna sebagai gosip apakah Toko A kredibel dan sanggup menerima amanah atau tidak. Biasanya di aku sosial media orang akan bebas berkomunikasi dengan penjual, simpulkan sendiri apakah toko online tersebut dapat diandalkan atau tidak.

6. Perhatikan Tampilan Toko Onlinenya
Semakin baik tata letak dan navigasi toko online maka nilai kredibilitasnya semakin naik. Jika tampilan toko online awut-awutan maka terang sekali si penjual tidak serius atau bahkan mempunyai niat tidak baik. Makara jika tampilan toko online meyakinkan bisa menjadi salah satu nilai tambah.

7. Berbelanja di Toko Online Pihak ketiga
Tips paling terakhir jikalau kamu masih ragu, mencobalah berbelanja pada toko online pihak ketiga mirip tokopedia, bukalapak. Kenapa dipastikan aman? karena proses pembayaran tidak langsung ke penjual melainkan melalui pihak ketiga tersebut. Dijamin 99% penipu tidak ada pada kategori ini karena mereka tidak akan menerima uang sampai barang benar-benar kamu terima. Tetapi, kamu harus baca benar-benar deskripsi barang dari penjual, sehingga tidak akan terjadi kesalahpahaman.

Demikian tips aman belanja online. Kalau ada sahabat-teman madjongke disini yang pernah mengalami pengalaman buruk berbelanja di situs online, bisa komentar dan share yah....semoga sahabat kita yang lain mampu terhindar dari penipuan!

Tentang Penulis,
Babeh yakni seorang fulltime blogger yang membangun branding online dengan nama babeh.id. Cek goresan pena babeh yang lain ihwal Harga HP Android Terbaik dibawah 1 Juta.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Aman Sebelum Berbelanja Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel