Sudah Tahu Tips-tips Mencegah Nyeri Otot? Berikut Jawabannya


winnetnews.com
Saat nyeri otot, penderita biasanya merasa otot kaku, kram, tertarik, berat, atau lemah pada otot. Nyeri otot cenderung muncul selama atau setelah menjalani aktivitas tertentu. Bagian tubuh mana pun bisa terserang nyeri totot. Ketika Anda mengalami nyeri otot, Anda dapat melakukan penanganan dengan menggunakan fisioterapi. Penasaran dengan metode ini? Anda dapat mengunjungi situs https://homecare24.id/layanan/fisioterapi untuk mendapatkan informasi lebih mendalam.

Nyeri otot memang bukanlah sebuah penyakit. Namun, ketika Anda merasakan nyeri otot, sebaiknya segera diatasi dengan benar. Sebab, besar kemungkinan nyeri otot yang Anda rasakan merupakan sebuah gejala penyakit atau kondisi tertentu. Sehingga, Anda dapat segera mengetahui dan melakukan pencegahan terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.

Penyebab Nyeri Otot

Penggunaan otot secara berlebihan biasanya menyebabkan nyeri otot. Selain itu, nyeri otot juga bisa disebabkan karena cedera otot, serta otot yang tegang di satu atau beberapa bagian tubuh. Kondisi-kondisi tersebut bisa terjadi karena mengalami kecelakaan, olahraga yang tidak sesuai dengan prosedur, melakukan aktivitas berlebih, posisi duduk yang tidak tegak, ataupun karena mengangkat beban yang berlebihan.

Oleh karena itu, nyeri otot yang disebabkan oleh hal-hal di atas, dapat dicegah dengan beberapa cara di bawah ini:

1.   Berolahraga Secara Rutin

cermati.com

Olahraga secara rutin dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot. Dengan berolahraga secara periodik,  otot dapat menjadi lentur dan fleksibel. Sehingga, cedera otot akibat aktivitas berlebih dapat berkurang karena otot sudah siap untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Selain itu, kelenturan otot juga dapat meminimalisir cedera pada otot ketika terjadi kecelakaan.

2.   Lakukan Pemanasan dan Pendinginan ketika Berolahraga

indosport.com

Pemanasan dan pendinginan sangat penting dilakukan ketika sebelum dan setelah melakukan olahraga. Hal tersebut berfungsi untuk meregangkan otot dan mengurangi cedera akibat gerakan-gerakan yang dilakukan dalam olahraga. Sehingga, risiko cedera yang mengakibatkan nyeri pada otot akibat berolahraga dapat diminimalisir.

3.   Lakukan Peregangan Sebelum dan Sesudah Melakukan Aktivitas Fisik

idntimes.com
Peregangan yang dilakukan sebelum aktivitas fisik dapat membuat otot menjadi lentur dan siap untuk menjalankan aktivitas. Sedangkan peregangan yang dilakukan sesudah aktivitas fisik dapat membuat otot menjadi lentur dan kembali ke dalam kondisi semula setelah melakukan berbagai macam aktivitas fisik.

4.    Banyak Minum Air Putih

merdeka.com

Meminum air putih yang banyak dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan. Sehingga, otot-otot yang ada dalam tubuh Anda sehat dan tidak kekurangan cairan. Meminum banyak air putih juga dapat mencegah terjadinya nyeri otot pada tubuh Anda, terutama bagi Anda yang sering melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Demikian beberapa tips untuk pencegahan nyeri otot, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Sudah Tahu Tips-tips Mencegah Nyeri Otot? Berikut Jawabannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel