Cara Merawat Mobil Matic



Akhir akhir ini permintaan mobil semakin meningkat. Hal ini karena terdapat mobil jenis matic yang mudah untuk dijalankan. Mobil matic kini semakin laris di pasaran. Tahukah anda, perawatan mobil matic berbeda dengan mobil manual? Cara perawatan mobil matic terbilang cukup rumit bila dibandingkan dengan cara perawatan mobil manual.

Berikut akan saya jelaskan mengenai cara merawat mobil matic yang baik dan benar.

Rutin Mengganti Oli Transmisi

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin mengganti oli transmisi. Hal ini karena transmisi merupakan bagian terpenting dari mobil matic. Batas pergantian oli transmisi ditandai dengan angka kilometer mobil anda sudah mencapai 50.000 km. Oleh sebab itu, anda harus pergi ke dealer mobil anda untuk mengganti oli transmisi.

Rutin Melakukan Servis Mobil

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin melakukan servis mobil. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk merawat dan mengupdate mobil matic anda. Jangan lupa untuk mengecek pada bagian pelumas atau oli mobil agar tidak tarikan mobil menjadi enak.

Servis mobil juga dilakukan untuk pengecekan mesin. Biasanya mesin mobil yang mengalami kinerja buruk ditandai dengan mobil yang tidak seimbang ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi, persneling mengeluarkan bunyi keras, serta suara mesin terdengar bising. Bila hal ini terjadi, maka segeralah anda pergi ke bengkel mobil.

Jangan pernah anda menunda untuk melakukan servis mobil. Hal ini bertujuan agar kerusakan mobil tidak menjalar bagian lainnya. Semakin rusak bagian mobil, maka semakin membahayakan kinerja mobil tersebut. Selain itu, harga servis mobil juga akan semakin mahal bila banyak bagian yang mengalami kerusakan.

Jangan Malas Melakukan Pemanasan Mobil

Cara ketiga yang dapat anda lakukan adalah dengan rutin melakukan pemanasan mobil. Kegiatan memanaskan mobil ini seringkali malas dilakukan oleh orang orang, terutama bila sudah terlambat masuk kerja. Bahkan ada sebagian orang yang menganggap remeh pemanasan mobil karena dianggap memakan waktu lama.

Perlu anda ketahui bahwa tujuan melakukan pemanasan mobil ini agar dapat menyesuaikan suhu udara mesin dan juga memberikan sirkulasi oli ke seluruh komponen mesin secara merata. Pemanasan mobil harus anda lakukan beberapa menit, sebelum anda menjalankannya. Anda harus melakukan pemanasan secara berkala dan rutin.

Bila anda sedang memanasi mobil, maka tuas transmisi harus dalam posisi netral tanpa menginjak gas. Anda juga tidak perlu menyalakan AC bila sedang melakukan pemanasan mobil. Bila mesin sudah stabil, anda dapat menjalankan mobil dan menghidupkan AC.

Lakukan Uji Jalan Mobil

Cara keempat yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan uji jalan pada mobil matic anda. Anda dapat melakukan uji jalan mobil selama 2 bulan. Selama anda melakukan uji jalan ini, anda dapat menjalankan dan memindahkan persneling secara bergantian. Bila anda mendengar suara yang bising, maka anda dapat kembali ke dealer dan melakukan pengecekan.

Penggunaan Persneling Secara Tepat

Cara kelima yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan persneling secara tepat. Hal ini dilakukan untuk membuat kinerja mobil menjadi awet. Pada saat anda sedang mengendarai mobil, gunakan persneling D atau drive. Kemudian pada saat parking, gunakan persneling P atau parking.

Jangan pernah anda menggunakannya secara terbalik. Hal itu akan merusak persneling mobil anda. Anda dapat memindahkan persneling ke N atau neutral dan juga dapat mengangkat rem tangan, apabila anda sedang mengalami kemacetan.

Perawatan mobil matic sangat penting dilakukan setiap saat. Hal ini bertujuan agar kerusakan yang terjadi pada mesin anda tidak dapat menjalar ke bagian lainnya. Bila anda membeli mobil jangan lupa untuk mendaftarkannya di asuransi mobil autocillin, agar keamananya dapat terjamin dengan baik. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Mobil Matic"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel